pusat benih ikan lele sangkuriang di Tangerang

Sunday, July 8, 2018

Magot Sebagai Pakan Alami budidaya Ikan


Jenis pakan alami yang sedang dikembangkan sebagai pengganti tepung ikan adalah Maggot. Maggot berasal dari telur lalat yang mengalami metamorfosis pada fase kedua setelah fase telur dan sebelum fase pupa yang kemudian berubah menjadi lalat dewasa. Pada saat ini Maggot sudah dapat diproduksi secara massal di Balai Budidaya Ikan Hias Depok. Peluang Maggot menjadi pakan alternatif ikan memang terbuka lebar. Apalagi ia dapat menggantikan fungsi tepung ikan sebagai sumber protein pada pelet. Selama ini pabrik-pabrik pakan di tanahair masih bergantung pada tepung ikan impor dari negara Amerika Latin seperti Chili dan Peru. Berdasarkan data LRBIHAT impor tepung ikan Indonesia mencapai US$200-juta setiap tahun.


Maggot (ulat dan serangga black soldier) merupakan sumber bahan baku protein non tepung ikan yang diharapkan mampu berperan dalam mensuplai protein sesuai dengan kebutuhan ikan. Perolehan bahan ini dapat dilakukan secara budidaya dan dapat diproduksi secara masal. Hewan ini dapat diibaratkan sebagai mesin biologis yang mampu mengeluarkan enzim alami, sehingga bahan organik yang sebelumnya susah dicerna dapat disederhanakan dan besar kemungkinan bahan tersebut menjadi mudah dicerna, termasuk oleh ikan. Selain itu hewan sederhana ini memiliki kandungan antimikroba dan anti jamur, tidak membawa atau agen penyakit, kandungan protein cukup tinggi (30-45%), mengandung asam lemak esensial seperti linoleat dan inolenat, serta memiliki 10 macam asam amino essensial. Keistimewaan lainnya adalah hewan ini mampu hidup relatif cukup lama C ± 8 minggu) serta dalam pembudidayaannya tidak memerlukan teknologi tinggi.

Maggot merupakan larva dari serangga Hermetia illucens (Diptera, famili: Stratiomydae) atau Black Soldier yang dapat mengkonversi material organik menjadi biomassnya (sumber energi buat diri sendiri). Disamping memiliki potensi sebagai sumber protein pakan, Maggot juga memiliki fungsi sebagai pakan alternatif. Salah satu keunggulan Maggot adalah dapat diproduksi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Sebagai sumber protein hewani, Maggot juga berpotensi untuk mengganti tepung ikan yang semakin langka keberadaannya saat ini. Kandungan protein yang terdapat pada Maggot sangat tinggi sehingga Maggot sangat baik digunakan untuk mempercepat proses pertumbuhan pada ikan-ikan budidaya.

Budidaya Maggot di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi (BBPBATS) hingga tahun 2006 sudah berhasil diproduksi dengan cara menyiapkan media bungkil kelapa sawit (Palm Kernel Meal / PKM) fermentasi yang ditempatkan dalam wadah dengan sumber serangga black soldier (Hermentia illucens) dan alam. Dari beberapa kali produksi hasilnya tidak konsisten dan sulit diprediksi, oleh karenanya metoda budidaya Maggot akan disempurnakan dengan mengupayakan agar produk Maggot lebih terkontrol. Dengan terkumpul telur ini, maka produksi Maggot sudah dapat diprediksi dari segi kontinyuitas dan kuantitasnya.

Referensi: Buku Ajar Produksi Pakan Alami. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud. 2013

No comments:

Post a Comment

Kontak

Hei Hubungi Kami di 081386423223 (Asep Ibrohim)

Anda Pengunjung Ke

lokasi kami