pusat benih ikan lele sangkuriang di Tangerang

Tuesday, July 3, 2018

Benthos sebagai pakan alami Ikan




Jenis pakan alami yang ketiga yang dapat diberikan kepada ikan, larva dan benih ikan/udang/ikan hias adalah benthos. Benthos adalah organisma air yang hidupnya di dasar perairan. Benthos yang biasa dimanfaatkan dan dapat dibudidayakan sebagai makanan ikan antara lain adalah cacing rambut atau Tubifex dan larva Chironomus sp.
tubifex


Ciri-ciri benthos secara umum antara lain adalah :

1) Berwarna merah darah karena banyak mengandung haemoglobin.

2) Berbentuk seperti benang yang bersegmen-segmen.


Larva Chironomus sp berasal dari lalat Chironomus. Larva berwarna merah ini terdiri dari kepala dan tigabelas segmen dengan panjang tubuh antara 10-15 mm. Pada segmen ke 12 terdapat rambut yang panjang dan kasar sedangkan pada segmen terakhir terdapat percabangan dua. Seperti pada umumnya benthos yang hidupnya berada di dasar perairan yang mengandung bahan organik tinggi , larva Chironumus sp juga menyukai hidup pada perairan yang mengandung bahan organik yang tinggi baik dari hasil limbah buangan rumah tangga maupun pada kondisi perairan yang tercemar dengan bahan organik. Untuk tumbuh dan berkembangnya membutuhkan suhu yang cukup berfluktuatif berkisar antara 10-35oC. Pada lokasi perairan yang mempunyai suhu yang tinggi maka proses pertumbuhannya akan semakin cepat.
 
Larva Chironomus sp 
Larva Chironomus sp atau lebih dikenal sebagai cacing darah atau bloodworm merupakan larva dari serangga yang termasuk ke dalam family nyamuk. Chironomus mengalami metamorphosis sempurna, memiliki empat stadia hidup, yaitu telur , larva, kepompong dan dewasa.

Referensi: Buku Ajar Produksi Pakan Alami. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud. 2013

1 comment:

Kontak

Hei Hubungi Kami di 081386423223 (Asep Ibrohim)

Anda Pengunjung Ke

lokasi kami