pusat benih ikan lele sangkuriang di Tangerang

Friday, January 12, 2018

Tips Memilih bibit lele yang baik



Bagi kalian semua yang ingin berternak lele, pemilihan bibit lele merupakan salah satu hal yang penting. Dalam dunia peternakan dikenal istilah segitiga peternakan. Segitiga ini terdiri dari bibit, pakan, dan manajemen pemeliharaan. Dari ketiga komponen itu bukan merupakan komponen yang paling banyak memakan biaya, sementara bibit relatif kecil. Namun meski kecil, bibit tetaplah penting. Salah memilih bibit akan berpengaruh besar pada hasil panen. Seperti ikan Kuntet, pertumbuhan lambat, hasil panen yang tidak bagus.

Benih ikan untuk kelas benih sebar terdiri dari Larva (ukuran 0, 75 cm sampai dengan 1 cm), benih ukuran 1 cm sampai dengan 3 cm, benih ukuran 3 cm sampai dengan 5 cm, benih ukuran 5 cm sampai 8 cm, dan benih ukuran 8 cm sampai dengan 12 cm. Cara mengukur panjang total benih dengan mengukur jarak antara ujung mulut sampai dengan ujung sirip ekor menggunakan jangka sorong atau penggaris yang dinyatakan dalam satuan centimeter.

Ikan lele memiliki alat pernapasan tambahan berupa Aborescen yaitu kulit tipis menyerupai Spon, yang mulai terbentuk pada umur 8 hari sampai dengan 10 hari. Dengan organ ini ikan lele dapat mengambil oksigen bebas dari udara yang dapat hidup pada perairan dengan kondisi Oksigen yang rendah. Benih ikan lele cenderung bersifat kanibal terutama pada fase Larva. Jadi untuk Anda yang mau budidaya ikan lele sebaiknya benih yang ukuran di atas 3 cm.

Bentuk benih lele yang ukuran diatas 3 cm sudah menyerupai bentuk dewasa dari ikan lele. Warna benih ikan lele pada bagian perut berwarna putih, hijau kelabu dan ekor berwarna terang bersinar.
Untuk menguji respon Apakah  benih ikan lele yang bagus ada tiga cara. Pertama dengan mengalirkan air di wadah pemeliharaan atau penampungan benih yang sehat akan bergerak atau berenang melawan arus. Kedua pada saat pemberian pakan benih yang sehat sangat responsif terhadap pakan yang diberikan. Ketiga dengan memberikan rangsangan gangguan pada wadah pemeliharaan atau penampungan benih yang sehat akan bergerak menyebar dengan cepat bila ada gangguan.

Itu adalah sekedar tips dari kami untuk memilih bibit ikan lele yang baik. Jika anda butuh benih ikan lele, kami sebagai pusat bibit ikan lele di tangerang siap melayani anda,  silakan kontak kami.

No comments:

Post a Comment

Kontak

Hei Hubungi Kami di 081386423223 (Asep Ibrohim)

Anda Pengunjung Ke

lokasi kami