pusat benih ikan lele sangkuriang di Tangerang

Wednesday, July 11, 2012

Sosialisasi Obat Ikan


Penyakit merupakan factor resiko yang menyerang hewan peliharaan termasuk ternak. Karena itu penyakit menjadi musuh utama yang menyebabkan produktivitas menurun. Sehingga perlu upaya untuk meminimalisir penyakit, salah satunya dengan menggunakan obat.
Semenjak CBIB diperkenalkan sebagai antisipasi keamanan pangan dari produk ikan, ada pengetatan penggunaan obatan-obatan. Karena itu sosialisasi obat ikan yang resmi menjadi penting. Karena penting itulah, Tirta Gintung Sejahtera mengirimkan orang untuk menghadiri sosialisasi obat ikan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Tangerang hari Selasa, 10 Juli 2012 yang bertempat di BPP Kronjo.

Pada acara yang dibuka langsung oleh kepala dinas ini, hadir pemateri dari Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan Serang, yaitu drh. Toha Tusihadi. Drh Toha, yang tak lain adalah kepala Loka, memaparkan materi tentang pengenalan penggunaan obat ikan.
Dalam pemaparannya, drh Toha mengatakan bahwa pengendalian penyakit memiliki tiga tujuan yaitu:
1.                        Menghindari masuknya penyakit. Jika penyakit masuk maka pengendalian penyakit untuk menghindari penyebaran penyakit.
2.                        Kualitas air budidaya yang digunakan berasal dari sumber air yang aman bagi ikan dan konsumen (air comberan atau air yang tercemar limbah tidak disarankan untuk digunakan)
3.                        Penggunaan obat atau bahan kimia yang aman bagi ikan, konsumen, dan lingkungan dalam mengobati ikan yang sakit.

Untuk mengindikasi apakah obat itu diperbolahkan ada tiga cara, yaitu:
1.                        Obat menggunakan bahasa Indonesia (jika obat menggunakan bahasa asing, berarti obat itu terlarang alias ilegal)
2.                        Memiliki nomor registrasi dari KKP
Contoh :
DKP RI No.I.080495 FBC
KKP RI No.D.080906 FBS
3.                        Mencantumkan: komposisi, indikasi, cara pemakaian, kontra indikasi.

No comments:

Post a Comment

Kontak

Hei Hubungi Kami di 081386423223 (Asep Ibrohim)

Anda Pengunjung Ke

lokasi kami